My Journey with SBN (Sociolla Blogger Network) | Aro Kopa

3:03 PM
Hai #SobadKunyit
Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan lewat DM oleh kalian adalah:
Bagaimana awalnya perjalanan gue jadi Beauty Content Creator?

Gue sebenarnya sering ceritain ini beberapa kali di instastory tapi memang nggak pernah lengkap karna kepentok durasi. Kebetulan lagi ada project #SOCOBeautyNetwork #StartWithSBN jadi mari kita ceritakan lebih lengkap ya ^^

Aslinya, gue nggak mulai di dunia Beauty. Gue mulai dan suka nulis. Sejak SD sering bikin cerpen, puisi, karangan, dan gue sudah nulis diary sejak mungkin kelas 3 SD. Ketika SMA, kebetulan harus milih satu ekskul, dan gue tertarik ikut ekskul TIK (kalo nggak salah, lupa nama ekskulnya apa). Intinya salah satu materi di ekskulnya diajarin bikin blog.
Itulah interaksi pertama gue dengan dengan dunia BLOGGING.
Awal nulis bener-bener kayak diary aja. Yang gue tulis hampir selalu random, dari identitas kelas ketika SMA, share tugas dan jawaban, share cerpen. Gue sudah dikenalkan dengan konsep Google Ads ketika itu, tapi masih belum paham sama sekali dengan dunia BLOGGING yang sebenarnya masih bisa dieksplor lebih jauh lagi, apalagi sampai konsep blogging sebagai sebuah pekerjaan. Sederhananya, gue cuma nulis karna gue senang.

Hobby nulis ini terus berlanjut sampai gue kuliah. Tapi masih belum ada interest ke dunia Beauty karena latar belakang gue yang memang nggak setertarik itu sama Beauty karena cenderung tomboy dan gloomy~
#mengheningkanciptadidepanrakmakeup

Sampai pada suatu masa, penjelajahan internet gue membawa gue kedua blog milik anak bangsa #duileee
Blognya MBAK VINDY dan KAK CHERYL RAISSA
Ketika itu blog mereka sudah sepenuhnya beauty blog, isi blognya Mbak Vindy terutama banyak bahas soal Face Paint. Gue mungkin memang nggak terlalu familiar sama makeup, tapi dari kecil cukup suka gambar dan main cat, tapi nggak pernah diseriusin. Dan blog Mbak Vindy dan Kak Cheryl benar-benar buka mata gue ke dunia baru soal blogging dan betapa luasnya dunia ini bisa dieksplor.
Dari situ...

SUKA NULIS
+
MULAI SUKA FACE PAINT
=
BEAUTY BLOG!

Tapi... Walaupun sudah ada niat dari lama, gue nggak mulai nulis langsung. Seperti yang gue bilang diawal, gue mulai nulis ketika SMA dan isi blog gue random banget. Juga karena kalo mau nulis juga gue kudu punya setidaknya pengetahuan tentang apa yang gue tulis, gue nggak langsung serta merta mulai nulis. Gue mulai belajar dari Face Paint dulu selama beberapa tahun (mulai 2012). Tapi nggak pernah dipost sampai sekitar 2015an.

KENAPA?

Alasan pertama jujur aja ILMU.
Ngumpulin ilmu dulu, belajar kiri kanan sendiri.
Alasan kedua, NYALI.
Gap selama 2012 sampai 2015 itu gue gunakan untuk...BERPIKIR. Yang gue pikirin:
APA GUE SIAP DENGAN SEMUA KONSEKUENSI KALO GUE MULAI TERJUN KE DUNIA INI?
Entah kenapa dari awal gue suka dunia Beauty gue memperlakukannya dengan cukup serius, termasuk soal komitmen gue. A little side note here, gue itu termasuk orang yang plin-plan dan suka gonta-ganti hobby cepet. Gue seneng ngelakuin banyak hal tapi kebanyakan nggak ahli. Istilahnya mungkin, tidak pernah punya komitmen tetap sama sesuatu yang gue kerjakan. Tapi entah kenapa, di otak gue, ketika mau mulai terjun dan share soal Beauty, secara tidak sadar gue belajar banyak hal dan sadar kalau dunia ini luas dan banyak yang bisa gue gali, dan...kalau mau serius, gue nggak boleh setengah-setengah.

"Kalau sudah memutuskan untuk memulai, lakukan sampai selesai. There's no turning back!"
(Aro Kopa, 2015)

Menemukan keyakinan ini jujur butuh bertahun-tahun, selama itu juga gue nggak mulai nulis di blog. Gue latihan dan belajar pun bener-bener sendiri. Ketika awalnya memutuskan dishare di facebook (iyes di fb bosss wkwk), gue dapat banyak backlash dari orang-orang terdekat. Dari semua teman gue saat itu, yang mendukung cuma 1 orang dan gue masih ingat sampai sekarang orangnya. :) #ThankYouEppa
The others?
Komennya macem-macem:
"Astaghfirullah, istighfar!"
"Cie Aro udah centil ya sekarang."
Dan masih banyak lagi yang lain, terutama kalo udah post face paint.

Sedih? Tentu saja.
Kepikiran berhenti? Heck NO!

Inilah kenapa gue butuh bertahun-tahun untuk mantapin NYALI gue. Salah satu alasannya adalah gue mengantisipasi reaksi orang-orang di sekitar gue akan seperti ini. Gue nggak berharap mereka paham saat itu juga. Karena gue pun nggak paham mau gue bawa kemana passion gue itu. Gue cuma suka ngerjainnya, dan tau gue mau ngerjain, makanya gue kerjain :)

TERJANG AJA TEROOOOSSS
wkwkwk
Kan udah komit toh?!
Jadinya selama beberapa tahun, gue lanjut aja terus :) Komen orang-orang masih gue dengerin aja... Bawa becanda kadang. Tapi jujur kadang sedih. Berharap bisa ada yang paham sebenarnya gue cuma ngerjain hobby gue aja.

SAAT ITULAH... Sekitar 2016 ato 2017an kayaknya, gue terekspos ke dunia KOMUNITAS BLOGGER
Beauty Blogger lebih tepatnya ^^
And oooobooooy! Berasa doa didenger ama Allah. Perasaan yang selama ini merasa tidak pada tempatnya, perkembangan yang nggak seberapa tapi pengen belajar lebih tapi nggak tau gimana, semua rasanya terjawab lewat KOMUNITAS. Punya tempat sharing yang isinya orang-orang yang satu passion sama kita itu kayak nemuin satu kepingan puzzle yang selama ini hilang. Ato kayak nemuin duit di kantong celana pas tanggal tua. Yha semacam itu lah senengnya ^^

Entah gimana awalnya gue lupa, tapi akhirnya gue nemu SBN (Sociolla Blogger Network). Jadi SOCIOLLA punya komunitas bloggernya sendiri. Orang-orang di dalamnya juga gue liat banyak sesepuh blogger yang andaikan bisa, gue pengen sungkem cium tangan minta ilmu dah kalo ketemu. Jujur gue termotivasi buat gabung, tapi waktu itu gue masih jarang posting di blog. Masih angin-anginan, karna masih nganggap yha ini hobby, gue kerjain ketika gue pengen aja. Tapi salah satu persyaratannya DULU adalah blogging minimal 6 bulan, minimal post 1 beauty post tiap bulannya. Dan saat itu gue baru sekitar 3 bulan rutin bikin post beauty yang berturut-turut. Jadi masih perlu 3 bulanan lagi. Itu motivasi gue nulis waktu itu, biar bisa gabung SBN.

Tapi persyaratannya sekarang sudah lebih mudah. Kalian yang punya passion seputar Beauty, Lifestyle, bisa banget gabung karena SBN sedang buka pendaftaran untuk kalian yang mau join SBN.

Apa aja benefit yang bisa kalian dapatkan?

Kalian bisa gabung ke komunitas bersama orang-orang yang punya passion yang sama dengan kamu
Dapat kesempatan mencoba produk-produk terbaru baik lokal maupun international yang akan launching di Sociolla
Join project-project seru lainnya bersama SBN :)

Persyaratannya apa?

Bagaimana cara mendaftar?

Itu dia sedikit sharing tentang pengalaman gue bersama SBN selama beberapa tahun terakhir ini. Good luck untuk kalian yang baru mulai join dan mulai karir sebagai Beauty Content Creator.

See you guys on the next post!
^^

No comments:

Aro Kopa. Powered by Blogger.