[BEAUTY BASIC] What to Use to Blend Foundation - Ngeratain Foundation Pakek Apa? | Aro Kopa

ASSALAMU'ALAIKUM!!!
Aloha pals...
Sebagai postingan pembuka tahun, gue pengen bahas sesuatu yang belom pernah gue bahas sebelumnya.

BUKAN JODOH… Bukan.
Gue mau bahas tools makeup.
Buanyak banget yang nanyain nih. Apalagi setelah tahun kemaren dihebohin sama challenge sponge makeup diganti ganjelan BH aka silicon sponge. Gue juga dapat beberapa pertanyaan soal
NGERATAIN FOUNDI ITU BAGUSNYA PAKEK BRUSH APA SPONGE YA?
I’ll answer it here.


Kalo ngomongin base product atau produk buat muka, nggak bakal bisa jauh dari toolsnya. Memang penting buat punya produk yang berkualitas, tapi it’s also important to have the good and appropriate tools to apply those products. Ada beberapa orang yang berpendapat kalo kadang, foundation yang bagus bisa jadi nggak work sebagaimana mestinya ketika diaplikasikan dengan teknik atau menggunakan alat yang nggak pas. Sama kayak jodoh… Kalo belom jodoh ya nggak pas, bro. #jeddeerrr
Misal nih… Ada foundation yang memang diformukasikan sama pabrik buat di dab dab pakek sponge ke muka, bukannya diusep (swiping) atau digosok (buffing) dengan brush pengaplikasiannya, lalu ketika dipalikasikan, malah dipakek teknik buffing menggunakan brush. -_- #RIPfoundation

For the sake of all good foundations in the world, ini dia beberapa opsi tools buat aplikasi produk muka (base products) yang kayaknya sih perlu ditau. Kali aja ada yang berminat nyobain.

BEAUTY SPONGE
Sumber gambar: www.madformakeup.co
Yang paling umum dipakek buat ngeratain foundation adalah menggunakan sponge. Dulu gue cuman taunya sponge makeup itu yang pipih kayak matras itu doang (setelah ngeliatin emak gue pakek yang bentuknya begitu aja). Tapi gue akhirnya sembuh dari buta sponge gue dan tau kalo sponge comes in so many shapes. Ada yang pipih, ada yang bulet kayak tetesan air gitu, ada yang memanjang… It’s hard to explain sih, kalian bisa liat dari foto di atas yak >,> Agak ribet ngejelasinnya even gue sendiri anak matematika.
Tapi nggak lebih ribet dari mahamin hati abang…
#tarakdungcessss

Selain variatif dari sisi bentuk, harganya juga variatif lho. Ada sebagian orang yang masih nggak percaya kalo harga Beauty Blender itu ada yang hampir 300an (malah ada yang lebih mahal). Dari yang harganya cuman 3000 ato 5000 selembar (yang kayak matras) sampe 300an ribu. Mereka semua namanya sponge.
Terus bedanya apa? Biasanya perbedaan paling mencolok dari sponge-sponge ini bakal kelihatan ketika di-squeeze (semacam diperah gitu-_- Sorry I can’t find another word to describe it). Ketika disqueeze bakal kerasa mana sponge yang terlalu padat dan bouncy. Sponge yang terlalu padat bakal bikin muka berasa dipukul-pukul ketika digunakan.

Kelebihan beauty sponge yang paling berasa dari pada aplikator lain adalah dari segi finish atau hasil akhir makeup yang dihasilkan. Ketika menggunakan beauty sponge, hasil makeup yang didapat bakal kelihatan lebih natural dan menyatu dengan kulit wajah karena ketika mengaplikasian, ‘kelebihan’ produk yang membuat tampilan jadi kayak dempul bakal diserap sama si sponge ini, dan juga karena aplikasinya ada yang di dab dab, jadi foundation bakal ‘dipaksa’ menyatu dengan kulit. Dengan begini, hasil akhir yang diberikan jadi lebih flawless dan natural.

Kekurangannya? Karena ini sponge jadi sifatnya absorb, otomatis produk yang digunakan bakal meresap ke spongenya. Bahkan untuk beberapa sponge, produk bakal boros banget karena lebih banyak keserap sama spongenya. Hmm… Boros yak --,--

CLASSIC FOUNDATION BRUSH
Sumber gambar
Ini adalah jenis brush yang pertama banget gue tau buat aplikasi foundation. Bentuknya as you can see, kayak colekan mentega (>,>) Gue kalo bakar ikan kuas begini bakal gue pakek buat ngoles mentega #LOL
But strangely, gue nggak pernah pakek brush jenis ini buat aplikasi foundation karena hasilnya bakal kelihatan bergaris akibat kontur bulu sikatnya.
Cuman, sometimes this kind of brush comes in handy lho… Gue biasanya pakek buat aplikasiin produk ke muka. Seperti ngolesin foundation ke muka, biar nggak langsung pakek jari. Atau kadang gue juga pakek buat aplikasi foundation cream, yang teksturnya thick/tebal dan bakal susah diblend langsung pakek tools jenis lain.
Tapi most of the time, gue nggak pakek --,--

FLAT TOP - KABUKI BRUSH
Sigma F80
Hence the name, brush jenis ini adalah jenis brush yang bulu brushnya flat and one of my fave tools to apply liquid foundation. Untuk jenis foundation yang dibuff, gue paling suka pakek brush jenis ini karena lebih rata dan cepet.

BRUSH SIKAT!
Sumber gambar
Selain jenis-jenis brush yang gue sebutin di atas, ada lagi nih yang viral banget tahun kemaren! Si Sikat a.k.a. OVAL BRUSH. Brushnya bentuknya oval, kalo gue sih gampangnya bilang ini BRUSH SIKAT! Sounds weird YES. Gue personally nggak tertarik sama brush ini waktu awal-awal kemunculannya karena bentuknya. Bentuknya yang menyerupai sikat gigi (yes, tooth brush) ngasi gue impression kalo brushnya bakal sekaku sikat gigi  (>,>)
TAPI
Taunya nggak ding! Gue pernah nowel (nyolek) Brush Sikat KW kesekian temen gue dan ternyata it's SO FREAKIN' SOFT! Mau nggak mau gue pengen nyobain juga sih.
Waktu postingan ini up, gue masih dimasa uji coba salah satu brand Oval Brush, so keep in touch yak~ Gue bakal bikin reviewnya AS SOON AS POSSIBLE~ ~

Secara umum itu aja sih ya yang paling COMMON dipakek buat ngeblend foundation atau concealer. Kalo ditanya gue sukanya  yang mana? Gonta ganti. Tergantung jenis produk yang gue pakek. Nggak semua produk bakal bagus diaplikasikan dengan sponge, also nggak semua brush itu sejelek first impression kita~

Segitu dulu, kalau ada yang masih kurang jelas tinggalin aja komen di bawah. I’ll answer rite away…
See u on the next post :3 #pantatface
Xoxo.

4 comments:

  1. Yeeeay akhirnya nemu blognya Aro di belantara dunia per-blog-an.

    Btw aku suka aplikasiin foundi pake brush, yg flat top *gak nanyak*
    dan sekarang lagi kepo ama silisponge *udah dibilangin gak nanyak*

    putusuci.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. gw tetep suka ama sponge Roooooooooo~ tapi ya itu, kalo dicuci lama kering. Jadi gw gonta ganti ama buffing brush.

    temen2 gw kadang heran sama harganya sponge yang mahal. anggeplah miracle sponge nya RT seharga 100 ribuan. Mereka biasanya ogah beli dan prefer ke sponge 5 ribuan. Hmm ya emang sih sama2 bisa nge blend. Namun kalo udah pernah pake yang sponge RT, pastilah kerasa beda ._. gw udah ngerasain.

    gw lupa apa gw udah pernah kemari atau belum. Ketjup basah buatmu dulu aaaahhhh~~


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ro, btw... lo gak pengen ganti font tulisan blog nih? mata gw rasanya pusing baca blog lo yang font nya ginian >.<

      Delete
    2. gue nyari komen elu ini sher baru ketemu :D udah gue ganti btw. makasi yak... tapi font ini rasanya resmi banget >,<

      Delete

Aro Kopa. Powered by Blogger.