[REVIEW] Purbasari Matte Lipstick Shade 81 & 82 | Aro Kopa

ASSALAMU’ALAIKUM!!
Aloha pals…

I know I know… Aku juga excited sama postingan kali ini. As you probably already guessed dari judulnya, postingan kali ini akan membahas lipstick (lagi). BUT………. Bedanya, this is also my holy grail lipstick at the moment. Well sudah hampir satu semester sih aku menjalin hubungan ini sama………

Sebenarnya aku males ngenalin lipstick ini. Bukan karna nggak suka, bukan bukan! Tapi karna aku yakin you dear pasti sudah tau lipstick ini! Dia adalah…

Nama : Purbasari Lipstick Color Matte
Brand : Purbasari
Shade : 81 (Diamond); 82 (Mirah)
Netto : 4 gr (each)
Harga : Rp. 33.500,- (Ruby Department Store Mataram); Rp. 40.000,- (online)

This is going to be a super long post. So go grab your popcorn, and let’s jump ke full reviewnya!

PACKAGING

© 4 out of 5
Pertama kali liat kemasannya jujur aku cukup skeptis. Karna kesannya jadul dan ringkih banget. Kayak lipstick jaman dulu banget. Bentuknya tube segiempat bahan plastik polos hitam dengan hanya ada tulisan Purbasari di badan lipstick yang setelah beberapa lama bakal ke wipe off.
Kenapa aku bilang ringkih? Karna memang it is. #yaelaaah -_-
Emang kelihatan ringkih banget sih, karena terbuat dari plastik yang kesannya murahan banget. BUT…
I LOVE IT!!!
Bukan… Bukan karna aku juga berjiwa ringkih jadi mendukung sesama. BUKAN!!!
Tapi aku rasa dengan desain kemasan seperti ini justru terkesan vintage. Walaupun terkesan murahan karena menggunakan bahan plastik, tapi pemilihan warna hitam untuk seluruh body lipstick membuatnya terkesan classy and mysterious. Apalagi setelah tahu kualitas produk di dalamnya gimana, you’ll definitely love it and think:

Tapi anyway, warna shade yang tertera dikotaknya NGGAK bisa dijadikan guide ya. Jangan sampe ketipu... 

SHADE
© 4.5 out of 5
Range shadenya cukup luas dan variatif, dari pink, merah, burgundy, brown nude, coral, sampai orange. Siapa yang nggak ngiler? Biasanya kan lipstick Indonesia selalu main aman diwarna-warna merah dan pink. Bosen kan? Kalau aku sih bosen banget. Apalagi trend makeup dunia kan selalu berubah-ubah. And lately, trend lipstick dengan warna yang lebih plum, dark, and vampy lagi HOT banget.
Cuman aku ngarepnya andai ada shade yang lebih deep lagi aja. Warna warna merah lebih gelap lagi dan skali kali warna warna berani mungkin seperti ungu, atau biru sekalian :)
Sumber
And one more thing! Warna warnanya cenderung oxidized, berubah jadi lebih gelap setelah beberapa jam. So… Keep in mind ya! Aku nggak ada masalah sama ini, tapi ada beberapa orang yang cenderung nggak suka dan bilang kalau hal ini cenderung bikin muka kelihatan kusam. So… Keep in mind!
Shade Diamond ini bisa dibilang kayak diciptakan buat aku. Pengennya pakek lipstick ini setiap hari, setiap saat. Cuman ya takut cepet abis (susah dapatnya soalnya). Shade Diamond ini jatuhnya warna nude antara coklat sama sedikit coral (sedikiiiiiiit banget) di bibir aku. Pengaruh skin tone juga sepertinya. Shade ini bisa dibilang peachy nude diaku, bukan tipe lisptik nude yang bikin pucat, tapi yang malah bikin segar.
Shade kedua yang aku purchase adalah Mirah. Sebenarnya aku nggak tertarik sama shade lain selain Diamond. Cuman karena penasaran sama pigmentasi, konsistensi, dan teksturnya, aku purchase yang lain. Aku penasaran apa di shade yang lain juga sebagus yang shade Diamond.
Shade Mirah ini aku deskripsikan kayak red-purple vampy color mungkin ya. Agak susah dideskripsikan, tapi warnanya termasuk nggak biasa dan jarang. Buat kamu, my dear yang suka lipstick dengan warna gelap dengan kesan vampy, shade ini bisa jadi pertimbangan untuk dipilih. Pilih shade Mirah benar-benar bertolak belakang sama shade Diamond. Kalau Diamond itu soft dan kalem, Mirah ini lebih flirty dan stand out. Menurut aku cocok dipakai untuk malam hari. But for me, ini masih appropriate buat daily. Karena warnanya konstras sama warna kulit aku jadinya malah mencerahkan. Nice kan?

Komen di bawah deh kalian lebih suka nude atau vampy ^^

TEKSTUR
© 5 out of 5
No doubt, tekstur lipstick ini THE BEST! Seperti yang kamu tau kalau aku gila sama lipstick matte dengan tektur yang creamy karena males berurusan sama bibir yang cracky karena kekeringan (-_-) HIDUP LIPSTICK CREAMY MATTE!!!
Sejak pertama kali pakai lipstick ini I know that I’m gonna fall in love so hard on it!
Teskturnya creamy, nggak bikin bibir pecah-pecah, finishnya matte! What else can u ask on a lipstick?
Saat diaplikasikan lembut banget dibibir, karena teksturnya yang creamy tadi sepertinya. TAPI… Lipstick ini akan BERUBAH sedikit lebih keras (sedikiiiit banget) ketika udah lama dipakek. Aku nggak tau apa istilahnya, cuman ketika pertama-tama beli lebih gampang diaplikasikan ke bibir dan less draggy, nggak terlalu seret kalo dipakek. Cuman ketika sudah lama-lama dan hampir habis (mungkin sedikit mengering), lipstick ini agak-agak seret (dikitttttt banget) diaplikasikan. Cuman masih forgivable!

STAYING POWER (KETAHANAN)
© 4.5 out of 5
Sudah bisa ditebak, staying power lipstick ini menang! Agak sedikit transfer (nempel ditangan kalo dipake nyium tangan), tapi sedikiiiit banget banget banget! Masih termaafkan karena teksturnya yang amazingly creamy dan lovely.
Ya, I know I’m kinda crazy with this lipstick… --“
Karena tekstur yang creamy, lipstick ini smudgy alias nggak gosok-proof. Nggak akan setahan pure liquid lipstick yang tahan gosok, angin, dan badai pastinya. Cuman dengan tekstur yang masya Allah dan finish yang matte lipstick ini survive ketika aku ajak makan bakso. Hanya bagian dalam bibir aja sedikit yang terhapus, namun 70% sisanya masih on point. Gila nggak tuh???
Aku bisa pakek lipstick ini sampai seharian semalaman dan it’s still there. Ya mungkin juga karena aku orangnya nggak suka gosok bibir dan makan yang berminyak, ketika makan pun aku cukup menjaga keanggunan karena takut lipstick luntur.
(Tapi jangan tanya kalau lagi lapar, bodo amat sama lipstick. Hajaaaaarrrrr…)

PIGMENTASI
81 - Diamond
82 - Mirah
© 5 out of 5
One of the best! FYI, bibir aku itu pinggirannya (dan sebagian besar bibir atas) gelap. So, I need a lipstick that can cover that up for me.  Aku butuh lipstick dengan pigmentasi gila yang bisa ngecover warna gelap itu. Itu masalah pertama, masalah kedua, biasanya lipstick dengan pigmentasi yang bagus itu cuman warna-warna gelap dan hot fire kayak merah dan pink, dan warna-warna muda seperti tipe warna-warna nude pasti less pigmented dan nggak bisa diharapkan untuk ngecover warna gelap bibir. Sedangkan aku nggak terlalu suka dua warna itu, I love being nude! Maksud gue buat bibir :P
So, I need a lipstick yang punya pigmentasi gila dijejeran warna nudenya.
And so far ini adalah lipstick yang memenangkan hati aku… Shalalalalala…

SCENT
Ada sedikit wangi soft vanilla enak yang nggak annoying. Masih aman buat kamu, my dear yang agak agak sensitive sama wangi-wangian. Wanginya kadang menurut aku kayak jajanan, tapi nggak ada rasanya ya.

HOW IT FEELS ON LIPS
Ini part baru disesi review lipstick yang aku buat, karena kali ini aku mau point out tentang gimana rasa lipstick ini dibibir. Rasaya cukup ringan untuk ukuran lipstick matte. Nggak mengeringkan bibir (pastinya). Satu hal lagi, mungkin untuk sebagian orang rasanya cukup heavy dan “sangat terasa menggunakan lipstick”. Tapi compare sama matte liquid lipstick lain, Purbasari termasuk yang paling light-weight.

PRICE POINT
© 5 out of 5
Harganya variatif sih ya, dari 33-45 ribu, tergantung belinya dimana. Pertama kali aku beli di stand Purbasari di Ruby Department Store 2015 lalu dengan harga 33ribuan. Repurchase yang kedua aku beli online dengan harga 40rb. Ada juga yang sampai dijual 45ribuan.
Untuk kualitasnya yang bagus ini, menurut aku masih worth it sih harga segitu.

WHERE TO BUY
Yang disekitaran Mataram bisa cari di konter Purbasari di Ruby Department Store (Lt. 1) dan Niaga. Cuman itu aja susah banget didapatnya. Selain itu bisa cari di LEM Lt. 2 di konter makeup kecil deket Masjid (sorry lupa nama konternya, pokoknya itu konter yang jualan segala macam makeup, dekat escalator). Di sana terakhir aku cek harganya 37rb.
I swear by God ini lipstick LANGKA BANGET! Gue lama-lama curiga ada praktek penimbunan nih *suspicious*
Karena langka banget, aku akhirnya memutuskan buat beli online (GILA kan? Lipstick local tapi harus dipesen online padahal konternya ada -_-) dengan harga 40rb/biji.

KESIMPULAN
(+) Tekstur creamy, finish matte, melembabkan tapi tidak menyebabkan bibir kering
(+) Sangat long lasting untuk ukuran lipstick dengan tekstur creamy matte
(+) Range shade yang luas, unusual, dan berani untuk ukuran kosmetik drugstore
(+) Crazily pigmented!
(+) Murmer!!!
(+) Travel friendly, nggak makan tempat, ringan
(+) Wanginya soft, nggak mengganggu

(-) Kemasan ringkih, hati-hati, gampang patah
(-) Oxidized, warna agak kusam setelah beberapa jam
(-) LANGKA GILAAA! Susah banget dicari!!!

RATE
4.89 out of 5

REPURCHASE
Yes, another shade! I WANT THEM ALL!!!

SUGGESTION FOR PURBASARI
© Launch shade baru dong ^^
© Please check marketing dong, geregetan banget lipstick lokal bagus murmer tapi langka dipasaran sampe harus beli online.

MAKEUP LOOK
Ini dia salah satu look yang aku buat dengan menggunkan Purbasari Matte Shade Mirah. Super classy and sexy!


That's it!
Hope this help your beauty journey, pals :*
Any question or else, please leave it on the comment box.


Xoxo.

4 comments:

  1. Di niaga yg mana ya mbak? Soalx terakhir sy cari cuma ad yg glossy aja, yg matte ga ad.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dekat Epicentrum, Mbak.
      Tapi sering kosong di sana.Di Epicentrum aja Mbak.

      Delete
  2. kemaren nyari di duta ayu udah ada yang warna baru. cantik, tapi agak kering ya memang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, agak kurang moisture kalo udah agak lama dibuka. Kalo masih baru lebih lembab.

      Waaaah yang warna baru ya... Pengen 😻 Makasi ya infonya Tari

      Delete

Aro Kopa. Powered by Blogger.