[BEAUTY BASIC] EYELINER 101 | Aro Kopa

ASSALAMU’ALAIKUM!!
Aloha pals…
Postingan kali ini adalah yang akhir-akhir ini sering banget direquest! EYELINER! Banyak banget yang minta tutorial eyeliner yang gampang dan rekomendasi eyeliner yang cocok buat pemula, tahan lama, dan dari kelas kosmetik drugstore. Duh.. Syaratnya banyak ya…

Kalo sudah ngomongin eyeliner, pasti hype banget! Produk kosmetik yang satu ini mulai naik daun beberapa tahun terakhir. Perkembangannya pun sangat pesat, dipasaran saat ini banyak sekali ditemui eyeliner dengan berbagai macam bentuk dan formula.
Tapi, sebelum bahas eyeliner, aku mau bahas dulu bagian-bagian yang biasanya diaplikasikan eyeliner.
Ada empat bagian mata yang biasanya diaplikasikan eyeliner: UPPER LASHLINE, WATERLINE, LOWER LASHLINE, dan TIGHTLINE.
Upper lashline, Waterline, Lower lashline 
Tightline
Pengaplikasian eyeliner dari daerah mata bagian mana dan bentuk eyeliner dapat memberi perubahan pada bentuk mata, seperti efek elongated (memanjang), rounded (lebih bulat), dan lain-lain. Bereksperimen dengan berbagai bentuk eyeliner sangat dianjurkan untuk mengetahui bentuk seperti apa yang cocok dengan kamu.

Sebelum bahas lebih jauh, tahu nggak kalau eyeliner itu dibuat dalam berbagai bentuk? Seperti…


Sumber

PENCIL EYELINER
Sesuai namanya, eyeliner ini berbentuk pensil dan merupakan jenis eyeliner yang paling mudah diaplikasikan. Kelebihan lain dari eyeliner jenis ini adalah jenis eyeliner pensil dapat dibaurkan untuk menciptakan efek smokey-eyes.

Eyeliner jenis pensil dikenal luas sebagai celak (if that makes sense) karna kegunaannya yang biasanya diaplikasikan pada daerah waterline. Selain waterline, eyeliner pensil biasanya juga digunakan pada kelopak mata atas sebagai eyeliner untuk menciptakan efek smokey, dan tightlining untuk memberikan kesan bulu mata yang lebih lebat. Eyeliner pensil diformulasikan secara aman agar tidak berbaya bagi bola mata atau lensa mata. Ada juga yang disebut dengan kohl liner, yaitu eyeliner pensil yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tentu saja lebih baik dibandingkan eyeliner pensil biasa.
Sumber

GEL EYELINER
Seperti namanya, gel eyeliner berbentuk gel yang biasanya ditempatkan dalam pot atau jar atau ada pula yang dibuat dalam squeezy tube. Karena bentuknya, pengaplikasian eyeliner jenis ini membutuhkan angled brush atau eyeliner brush.
Sumber

Eyeliner jenis gel sangat cocok digunakan pada upper lashline karena gel eyeliner cenderung cepat mongering sehingga tidak berresiko untuk transfer ke kelopak mata (terutama bagi yang memiliki hooded-lids). Karena resiko membuat kesalahan yang minimal, eyeliner ini sangat dianjurkan bagi yang baru mulai mencoba menggunakan eyeliner dan bermasalah shaky-hand.

LIQUID EYELINER
Eyeliner cair merupakan jenis eyeliner yang sangat sering mendapat complain karena merupakan jenis yang paling sulit untuk diaplikasikan, terutama karena biasanya eyeliner ini diproduksi dengan ujung kuas yang sangat fleksibel sehingga sedikit getaran maka akan menyebabkan eyeliner tragedy (-_-).
Sumber
Seperti halnya eyeliner gel, penggunaan eyeliner liquid terutama dibagian upper lashline. Lalu kenapa memilih liquid liner yang susah disbanding gel liner yang lebih mudah diaplikasikan? Jawabannya adalah PIGMENTASI. Dibandingkan dengan eyeliner jenis lain, liquid eyeliner merupakan jenis yang memiliki pigmentasi yang paling bisa diandalkan. Alasan lain adalah dengan liquid liner, kita bisa membuat garis yang lebih rapi dan sharp, terutama ketika membuat cat-eyeliner.

TIPS!
Pertanyaan yang biasanya aku terima tentang eyeliner adalah tentang bagaimana membuat eyeliner tahan lama dan tidak transfer kekelopak mata. Untuk membuat eyeliner lebih tahan lama, aku biasa menggunakan dua cara.

Pertama dengan cara LAYERING, yaitu dengan mengaplikasikan eyeliner gel terlebih dahulu lalu dilapisi kembali dengan eyeliner cair. Dengan begini selain eyeliner akan lebih tahan lama, hasil eyeliner akan lebih tajam dan rapi.

Kedua dengan cara SETTING WITH EYESHADOW, yaitu dengan cara mengaplikasikan eyeliner gel atau liquid terlebih dahulu, lalu diset kembali menggunakan powder atau eyeshadow sewarna. Dengan cara ini, eyeliner akan lebih tahan lama, tahan gosok, dan bahkan tahan air mata.

Naah… Setelah tahu, apa pilihan eyeliner kalian guys? ^^

That's it!
Hope this help your beauty journey, pals :*
Any question or else, please leave it on the comment box.

Xoxo.

No comments:

Aro Kopa. Powered by Blogger.